Kamis, 10 Desember 2015

Metadata dan Interoperabilitas sebagai Penunjang Basis Data Perpustakaan

2.1                        Pengertian Metadata dan Interoperabilitas

Metadata adalah “data tentang data”. Istilah untuk semua data yang digunakan untuk membantu pengidentifikasian, penjelasan, dan pencarian lokasidari resources elektronik yang ada dalam jaringan. Berikut ini merupakan beberapa pengertian Metadata menurut para ahli :
1.      Menurut Task Force on Metadata CC:DA (Committee on Cataloging: Description and Access) dari ALA (American Library Association) :
Metadata are structured, encoded data that describe characteristics of information bearing entitites to aid in the identification, discovery, assessment and management of the described entities.

2.      Natioal Information Standards Organization ( NISO ) :
Informasi yang terstruktur yang menggambarkan, menjelaskan, menempatkan, atau membuat lebih mudah untuk mengambil, menggunakan, atau mengelola sebuah sumber informasi.
3.      World Wide Web Consortium ( W3C ) :
Mesin informasi dimengerti untuk web.
4.      Federal Geographic Data Committee ( FGDC ) :

 Sederhananya, metadata adalah data tentang data. Mereka menyediakan konteks bagi hasil penelitian, idealnya dalam mesin-dibaca Format. Setelah diterbitkan, metadata dapat mengaktifkan penemuan data melalui antarmuka elektronik dan memungkinkan penggunaan yang benar dan atribusi temuan Anda.

Download full text disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar