Senin, 15 September 2014

Definisi Beberapa Ilmu



1.      Definisi dan Pengertian Library Science (Ilmu Perpustakaan)
Bidang ilmu yang mempelajari dan mengkaji hal – hal yang berkaitan dengan perpustakaan, baik dari segi organisasi koleksi, penyebaran dan pelestarian ilmu pengetahuan teknologi dan budaya serta jasa- jasa lainnya kepada masyarakat, hal lain yang berkenaan dengan jasa perpustakaan dan peranan secara lebih luas.
Sumber:
Roni sambas.Pengertian, Peran, dan Fungsi Perpustakaan.2008.
http://warintek08.wordpress.com/tes/ (diakses tanggal 9 September 2014)

2.      Definisi dan Pengertian Archival Science (Ilmu Kearsipan)
Kearsipan adalah suatu proses mulai dari penciptaan, penerimaan, pengumpulan, pengaturan, pengendalian, pemeliharaan dan perawatan serta penyimpanan warkat menurut sistem tertentu. Saat dibutuhkan dapat dengan cepat dan tepat ditemukan. Bila arsip-arsip tersebut tidak bernilai guna lagi, maka harus dimusnahkan.
Sumber:

3.      Definisi dan Pengertian Information Science (Ilmu Informasi)
Ilmu informasi adalah ilmu yang mempelajari data dan informasi, dan mencakup cara bagaimana menginterpretasi, menganalisis, menyimpan, dan mengambil kembali data dan informasi tersebut. Ilmu informasi merupakan dasar dari analisis komunikasi dan basis data. Secara lebih luas, ilmu informasi merupakan bidang interdisipliner yang berkaitan dengan beberapa aspek ilmu komputer, ilmu perpustakaan, dengan bidang kognitif, dan ilmu sosial.
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu_informasi di akses tanggal 9 September 2014


4.      Pengertian dan Definisi Record Management (Manajemen Kearsipan)
“Record Management secara singkat disebut juga manajemen warkat, tidak lain adalah seluruh mata rantai aktivitas penataan warkat sejak warkat dilahirkan hingga warkat tersebut dimusnahkan atau dilindungi secara permanent karena mempunyai nilai guna yang permanent” (Drs. E. Martono, 1987:4).

5.      Pengertian dan Definisi Ilmu Manajemen
·            Menurut G.R. Terry
manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasional atau maksud-maksudyang nyata. Manajemen juga merupakan suatu ilmu pengetahuan maupun seni. Seni adalah suatu pengetahuan bagaimana mencapai hasil yang diinginkan atau dalam kata lain seni adalah kecakapan yang diperoleh dari pengalaman, pengamatan dan pelajaran serta kemampuan untuk menggunakan pengetahuan manajemen.
·         Menurut Mary Farker Follet
Manajemen merupakan suatu seni untuk melakukan pekerjaan orang lain, definisi ini mengandung perthatian pada kenyataan bahwa para manager mencapai suatu tujuan organisasi dengan cara mengatur orang lain untuk melaksanakan beberapa pekerjaan, tidak ditangani oleh dirinya sendiri.
·         Menurut James A.F.Stoner,
 Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya anggota organisasi danmenggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.


6.      Pengertian dan Definisi Fungsi Manajemen
Berbagai pendapat mengenai fungsi-fungsi manajemen akan tampak jelas dengan dikemukakannya pendapat oleh beberapa penulis sebagai berikut:
A) Louis A. Allen : Leading, Planning, Organizing, Controlling.
B) Prajudi Atmosudirdjo : Planning, Organizing, Directing, atau Actuating and Controlling.
C) John Robert B : Planning, Organizing, Command ing, and Controlling.
D) Henry Fayol : Planning, Organizing, Commanding, Coordinating, Controlling.
E) Luther Gullich : Planning, Organizing, Staffing, Directing, Coordinating, Reporting,
F) Budgeting.Koontz dan O’Donnel : Organizing, Staffing, Directing, Planning, Controlling.
G) William H. Newman : Planning, Organizing, Assembling, Resources, Directing, Controlling.
H) Dr. S.P. Siagian., M.P.A : Planning, Organizing, motivating and Controlling.
I) William Spriegel : Planning, organizing, Controlling
J) Lyndak F. Urwick : Forecasting, Planning Organizing, Commanding, Coordinating, Controlling.
K) Dr. Winardi, S.E : Planning, Organizing, Coordinating, Actuating, Leading, Communication,Controlling
L) The Liang Gie : Planning, Decision making, Directing, Coordinating, Controlling, Improving.
M) James A.F.Stoner : Planning, Organizing, Leading, and Controlling.
N) George R. Terry : Planning, Organizing, Staffing, Motivating, and Controlling.
7.      Pengertian dan Definisi Manajemen Perpustakaan
Menajemen perpustakaan merupakan sistem perpustakaan yang bertumpu dengan teori dan konsep manajemen. Maksudnya jika perpustakaan menerapkan teori tersebut diharapkan dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Di dalam ilmu manajemen ada beberapa teori yang dapat di terapkan, diantaranya: a) manajemen terbuka, atau disebut juga dengan manajemen transparansi, b) manajemen berdasarkan sasaran c) manajemen patrialistis (bapakisme/ibukisme) ,d) manajemen berdasarkan program, e) manajemen modern (Sutarno,2006)
Sumber: Hasan,Thamrin.2010.Manajemen Perpustakaan.Makalah disampaiakn pada kegiatan pelatihan  “Teknis Penyelenggaraan Perpustakaan Perguruan Tinggi” yang diseleggarakan oleh UPT perpustakaan UR, 15-01-2010 di Pekan Baru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar